Ragam

Didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan, Ini Tamparan Bagi Perusahaan Media

Karawang, ilookbekasi.id

Ikatan Wartawan Online (IWO) Indonesia Kabupaten Karawang sepertinya sedang melakukan “tamparan halus” bagi sejumlah perusahaan media di Kabupaten Karawang. Keputusan IWO Indonesia untuk mendaftarkan para jurnalis ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, menunjukan bahwa organisasi profesi juga bisa berbuat sesuatu bagi insan pers, tatkala perusahaan media tidak berdaya untuk memberikan asuransi ketenagakerjaan bagi para pekerjanya.

“Seharusnya yang memberikan jaminan ketenagakerjaan dan kesehatan adalah perusahaan pers dimana kita bernaung. Bukan organisasi. Sebab kita bekerja atas perintah perusahaan, termasuk penempatan jadi wartawan atau bukan wartawan, kewenangan sepenuhnya ada di perusahaan media, sedangkan organisasi media tidak berdaya saat perusahaan media menentukan penugasan tersebut,” kata salah seorang jurnalis daring, Rizki Ramdani di Karawang, Rabu 14 September 2022.

Sementara itu Ketua DPD IWO Indonesia Kabupaten Karawang Syuhada Wisastra menuturkan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan terhadap 50 orang jurnalis merupakan wujud kepedulian organisasi terhadap anggotanya. Menurutnya profesi jurnalis sangat berisiko terhadap segala bentuk ancaman keselamatan mereka, sehingga organisasi tersentuh untuk membantu pada anggotanya. Syuhada enggan berkomentar mengenai siapa yang seharusnya lebih memperhatikan nasib para jurnalis, antara perusahaan media atau organisasi media. “Tolong jangan benturkan kami dengan perusahaan-perusahaan media, hubungan kami cukup baik. Lagi pula niat kami baik, untuk membantu rekan-rekan wartawan,” kata dia.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Cabang Karawang, Edi Suryono menyampaikan apresiasinya terhadap DPD IWO Indonesia Kabupaten Karawang, atas kerjasamanya dalam mensukseskan program BPJS ketenagakerjaan.

“Semoga program ini dapat terealisasi dan dapat dirasakan manfaatnya oleh semua peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ada di Karawang, khususnya bagi seluruh rekan-rekan insan pers yang telah tergabung sebagai pengurus dan anggota DPD IWO Indonesia Kabupaten Karawang” ujarnya.

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.