Bisnis

Nyaris Seluruh Pesisir Utara Kab. Bekasi Jadi Sentra Bandeng, Produksi Pertahun mencapai 11.607 Ton 

CIKARANG PUSAT, ilookbekasi.id

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi mengklaim keberhasilan atas binaan terhadap kelompok peternak ikan bandeng. Keberhasilan itu ditunjukan dengan melimpahnya hasil panen ikan bandeng, sehingga produksi ikan tersebut melimpah dan bisa dijual ke sejumlah daerah di luar Kabupaten Bekasi. “Pada tahun 2021 saja, produksi Ikan Bandeng di Kabupaten Bekasi tercatat mencapai 11.607 ton per tahunnya,” kata Kepala Bidang Perikanan dan Budidaya pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi, Toni Dartoni pada Jumat (20/05/2022).

Dikatakan Toni hampir seluruh pesisir utara Kabupaten Bekasi telah menjadi sentra produksi ikan Bandeng sehingga kebutuhan beberapa wilayah seperti Jakarta, Bogor, Tangerang dan Kota Bekasi bisa terpenuhi.

Saat ini, baru ada empat kelompok binaan yang mendapatkan bantuan dengan total keseluruhan 20 kelompok peternak Ikan Bandeng.Toni menjelaskan untuk bantuan pemerintah daerah kepada para peternak ikan bandeng mencapai Rp 200 Juta berupa benih dan pakannya. “Baru 4 kelompok binaan dinas yang bisa dibantu dari 20 kelompok binaan. Total kelompok 87 kelompok untuk petani tambak, bantuan kurang lebih senilai Rp 200 Juta untuk benih dan pakan,” katanya.

Sebelumnya, kebutuhan bandeng meningkat menjelang hari raya besar seperti Idul fitri. Pada momentum lebaran, biasanya konsumsi masyarakat lokal Kabupaten Bekasi akan Ikan Bandeng meningkat.

Ikan Bandeng Kabupaten Bekasi juga dikenal masyarakat luar tak terlalu memiliki bau amis bila dibandingkan dari hasil ternak bandeng wilayah lainnya. Bahkan, ikan bandeng Kabupaten Bekasi juga menjadi buruan masyarakat pada saat perayaan imlek.

“Jenis ikan bandeng dari Kabupaten Bekasi itu banyak keunggulannya dibanding wilayah lain, makanya bandeng Kabupaten Bekasi lebih banyak diburu atau dibeli untuk konsumsi, baik diperayaan hari besar atau hari biasa,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.