Pemerintahan

Tok! APBD 2021 Kabupaten Bekasi Rp 6,67

CIKARANG, ilookbekasi.id

Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Bekasi 2021 ditetapkan sebesar Rp 6,67 triliun. Penetapan ini diputuskan dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi, Jumat (11/12/2020) malam.

Juru Bicara Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bekasi, Mustakim menjelaskan dari hasil pembahasan bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Bekasi, APBD Kabupaten Bekasi Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp, 6,67 Trilyun.

“Alhamdulillah, APBD bisa diparipurnakan sesuai jadwal yang diatur dalam pedoman penyusunan APBD di Permendagri Nomor 64 Tahun 2020,” kata dia

Bupati Eka Supria Atmaja turut menghadiri paripurna tersebut. Bupati hadir juga dalam rangka penyampaian persetujuan DPRD atas Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2021.

“Dari pemerintah daerah selaku eksekutif telah terhimpun sebanyak enam raperda, yang terdiri dari tiga raperda rutin tentang keuangan daerah,” kata Eka.

Selain itu, terdapat dua raperda yang diusulkan kembali dari Propemperda 2020 dan satu Raperda usulan perubahan tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Eka menyampaikan, hasil penyusunan Raperda dalam Propemperda untuk tahun 2021 antara Pemda dan DPRD tertuang pada pasal 239 undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bekasi tentang APBD tahun anggaran 2021 yang telah mendapatkan persetujuan bersama, sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) akan disampaikan kepada Gubernur untuk dilakukan evaluasi,” ucapnya.

Lebih lanjut, hasil evaluasi terhadap Perda Kabupaten Bekasi tentang APBD tahun anggaran 2021 akan dituangkan dalam keputusan Gubernur Jawa Barat (Jabar). Dan akan disampaikan kepada Bupati Bekasi paling lama lima belas hari kerja.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju dan juga para kepala satuan kerja perangkat daerah. (try/ans)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.